Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Vol 8, No 2 (2020)

Pembelajaran Bermakna Dalam Suasana Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Yuli Permatasari (Universitas Negeri Padang)
Welhendri Azwar (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2021

Abstract

Pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan pada masa pandemi pada semua tingkat pendidikan benyak mempertanyakan kualitas hasil dari belajar PJJ tersebut. Artikel ini membahas tentang pembelajaran bermakna kepada peserta didik dalam suasana pemberlajaran jarak jauh (pjj) di masa pandemi ini. beberapa konsep tentang memori, lupa dan ingatan digunakan untuk menganalisis pembelajaran bermakna selama proses PJJ dimasa pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui belajar bermakna agar pembelajaran belajar daring tetap efektif dan tersimpan pada memori peserta didik. kajian ini menggunakan metode kualitatif  dengan  menggambarkan sesuatu  keadaaan  apa  adanya,   menggunakan  observasi  dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pembelajaran daring belum mampu menghadirkan pembelajaran yang bermaknna bagi peserta didik. Kedua, banyak yang menyebabkan pembelajaran bermakna tidak maksimal yaitu kondisi lungkungan belajar kuang kurang kondusif, metode daring guru yang menoton dan penyampaian makna yang disampaikan oleh guru berbeda  terhadap pemrosesan informasi yang ditangkap oleh peserta didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

turast

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, is published by the Institute for Research and Community Service, Imam Bonjol Padang State Islamic University. This journal is published twice a year January-June and July-December. Turast publishes the results of research and community service in various ...