Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 2, No 2 (2019): 4th National Seminar on Guidance and Counseling (SNBK 2019) and Workshop on Peda

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Pratidina Salma Insiyah (Unknown)
Ade Maftuh (Unknown)
Riza Fatimah Zahrah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaraan kooperatif tipe Make-A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan presentasi dari prantindakan ke siklus I dan siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 37,5% atau sebanyak 9 siswa yang tuntas dan 62,5% atau 15 siswa yang belum tuntas dengan rata-rata nilai 66,67. Siklus II yaitu 100% atau 24 siswa dengan rata-rata nilai 93,13. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make-A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS sehingga dapat diaplikasikan dalam proses pelaksanaan pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...