Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 3, No 3 (2020): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Problem Based Learning in Indonesian Learning

Hermansyah Hermansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2020

Abstract

Pendidikan merupakan sarana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas  Sumber  Daya  Manusia  (SDM). Salah  satu  upaya  untuk  meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan cara memperbaiki proses belajar mengajar. Belajar mengajar pada dasarnya adalah hubungan timbal balik antara guru dan peserta didik. Guru dituntut untuk bisa sabar dan mempunyai sikap terbuka disamping kemampuan dalam situasi belajar mengajar yang lebih aktif. Tugas seorang  guru dalam menyampaikan  materi  pelajaran  kepada  peserta didik  tidaklah  mudah termasuk di pembelajaran bahasa indonesia. Guru  harus memiliki berbagai kemampuan yang dapat menunjang tugasnya agar tujuan pendidikan dapat dicapai. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam meningkatkan kompetensi profesinya ialah kemampuan mengembangkan model pembelajaran. Tujuan kajian ini adalah untuk mendeskripsikan 1. model Problem Based Learning, 2. Implementasi model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil kajian ini adalah (1) model Problem Based Learning merupakan pendekatan pembelajaran berbasis konstruktivisme sehingga peserta didik dapat membangun pengetahuannya sendiri dan peserta didik dapat berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ditemukannya

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...