Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 5, No 2 (2022): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Improving Student Learning Creativity By Using Project-Based Learning

Arif Wahyu Wirawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2022

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui kreativitas mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah komputer grafis melalui model Project Based Learning. Model Project Based Learning adalah salah salah satu model pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan kreativitas pembelajaran mahasiswa karena menekankan pada pendekatan kontekstual yang kompleks. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah mahasiswa prodi pendidikan administrasi perkantoran semester V FKIP UNS dengan jumlah 41 mahasiswa. Kriteria rata-rata krativitas dan ketuntasan pada penelitian ini sebesar 75%. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa melalui mata kuliah komputer grafis yang dibuktikan dengan peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 12% dan terdapat peningkatan jumlah mahasiwa yang tuntas sebanyak 15 mahasiswa. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kreativitas mahasiswa meningkat dengan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...