INKUIRI : Jurnal Pendidikan IPA
Vol 5, No 1 (2016): INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA

PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBUATAN ETANOL SKALA LABORATORIUM SMK KIMIA INDUSTRI

Dina Ika Muliawati (Unknown)
Sulistyo Saputro (Unknown)
Sentot Budi Raharjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2016

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Mengembangkan Handout Kimia berbasis Team Assisted Individualization (TAI), 2) Mengetahui kelayakan Handout Kimia berbasis TAI berdasarkan validasi ahli, 3) Mengetahui efektivitas Handout Kimia berbasis TAI untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian dan pengembangan handout menggunakan model prosedur Borg & Gall yang telah direduksi menjadi sembilan tahapan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan: (1) hasil setiap langkah pengembangan handout kimia berbasis TAI berdasarankan saran dari para ahli dan telah diujicobakan kepada calon pengguna, (2) Kelayakan handout berbasis TAI pada materi Pembuatan Etanol Skala Laboratorium menurut para ahli berkualifikasi baik, praktisi pendidikan diperoleh CV ≥ 0,87 yang menunjukkan handout layak digunakan; rata-rata angket respon siswa dan guru diperoleh penilaian dengan kategori “sangat baik” (3) Handout kimia berbasis TAI efektif meningkatkan hasil belajar pengetahuan dan sikap siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

inkuiri

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics Other

Description

INKUIRI Jurnal Pendidikan IPAis a peer-reviewed open-access journal. The journal disseminates papers written based on the results of study and review of literature in the sphere of natural sciences education, biology education, physics education, and chemistry education in primary, secondary, and ...