JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2: September 2019 - Februari 2020

Penggunaan Scaffolding untuk Mengatasi Kesulitan Problem Solving Mahasiswa Calon Guru

Wisnu Siwi Satiti (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah)
Eliza Verdianingsih (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2019

Abstract

Banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam problem-solving karena mereka tidak mengetahui konsep yang mendasari masalah/soal. Pada umumnya mahasiswa menyelesaikan masalah matematika dengan sekedar fokus pada formula/rumus dan menyubtitusikan bilangan ke dalam formula tersebut tanpa memperhatikan prinsip yang relevan maupun strategi yang tepat. Akibatnya, mahasiswa tidak dapat menemukan solusi yang tepat.  Untuk mengatasi hal ini, diberikan scaffolding pada mahasiswa dalam aktivitas problem-solving.  Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh gambaran menyeluruh tentang bagaimana scaffolding membantu mahasiswa mengatasi kesulitan dalam problem-solving. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode design-research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa scaffolding yang diberikan membantu mahasiswa menemukan dan mengaplikasikan konsep/prinsip yang relevan, memfasilitasi mahasiswa melakukan refleksi terhadap strategi penyelesaian, dan mahasiswa dapat menentukan solusi yang tepat melalui tahapan problem-solving.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jmpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2502-9878, p-ISSN: 2502-986X) is a journal publishes original research and review articles in the field of mathematics and mathematics education. This journal published twice a year (in March and ...