Representasi IPA merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangan pada pembelajaran abad 21. Terutama pada materi sistem pernapasan manusia yang cenderung abstrak dalam pembahasannya. Berdasarkan hasil observasi ditemukan nilai kemampuan representasi  63,61 yang artinya dalam kategori rendah. Penggunaan media audio visual berbasis powtoon diharapkan mampu memudahkan dan meningkatkan kemampuan representasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media dalam meningkatkan kemampuan representasi. Metode penelitian menggunakan model RnD. Tahapan mengembangkan media 1) studi pendahuluan, 2) tahapan pengembangan, dan 3) pengujian produk. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan claster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan tes dan angket. Kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif, kuantitatif dengan N-Gain, dan statistik inferensi uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: keefektifan media dapat meningkatkan kemampuan representasi melalui uji n-gain klasikal yaitu kelas eksperimen 61,38% kelas kontrol 48,20%. Uji-t two tailed terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan media powtoon dengan kelas yang tidak (α=0,05) hasil uji-t one-tailed thitung -2,564 -1,697 terdapat peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. AbstractThe representation of science is one of the abilities that must be developed in 21th century learning. Especially in the material of the human respiratory system which tends to be abstract in its discussion. Based on the results of observations found the value of the ability of representation 63.61 it means in the low category. The use of powtoon-based audio visual media is expected to simplify and improve the representation ability of students. This research aims to know the effectiveness of the media in improving the ability of representation. The method uses the RnD model. Stages of developing media 1) preliminary studies, 2) stages of development, and 3) product testing. Sampling using random sampling techniques and cluster random sampling. Data collected using tests and questionnaires. Analyzed descriptively qualitative, quantitative with N-Gain, and t-test inference statistics. Based on the results of the study found: the effectiveness of media can improve the ability representation through the classical n-gain test is the experimental class 61.38% 48.20% control class. Two tailed t-test there is a difference between the class using the media powtoon with a class that does not (α = 0.05) the results of the one-tailed t-test -2,564 -1,697, there is a significant increase in the experimental class. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021