Pada era digital seperti saat ini, keterampilan berbicara pada anak usia dini sangat dipengaruhi oleh media audiovisual yang berkembang sangat pesat. Kosakata dan ujaran kalimat yang didapat oleh anak usia dini melalui media audiovisual tidak dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh channel Kisah Islami terhadap keterampilan berbicara dengan kalimat yang lengkap dan kosakata yang baik dan tepat pada anak usia dini. Metode yang digunakan yaitu metode observasi melalui pengamatan keterampilan berbicara dengan kalimat yang lengkap dan kosakata yang baik dan tepat dalam berkomunikasi. Teknik observasi dilakukan dengan mendata struktur kalimat yang diujarkan oleh anak usia dini. Selain itu, dilakukan perbandingan keterampilan berbicara antara anak-anak yang menonton channel Kisah Islami dan tidak menonton channel tersebut. Keterampilan berbicara menggunakan kalimat lengkap disesuaikan dengan keterampilan berbicara pada anak secara umum berdasarkan tahap perkembangan bahasa anak. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa anak usia dini yang lebih banyak menonton channel Kisah Islami lebih terampil berbicara dengan kalimat yang lengkap dibanding anak-anak lainya yang tidak menonton channel tersebut. Kalimat yang diujarkan oleh anak usia dini dapat dianalisis dan dikategorikan sesuai kelengkapan struktur kalimat, seperti subjek, predikat, objek, dan keterangan serta penggunaan kata yang tepat.
Copyrights © 2021