Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 9, No 2 (2021): July 2021

Kegemaran Menyimak Channel Kisah Islami Berdampak Positif pada Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini

Tri Wahyono (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Riana Mashar (Universitas Ahmad Dahlan)
Ida Yeni Rahmawati (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

Pada era digital seperti saat ini, keterampilan berbicara pada anak usia dini sangat dipengaruhi oleh media audiovisual yang berkembang sangat pesat. Kosakata dan ujaran kalimat yang didapat oleh anak usia dini melalui media audiovisual tidak dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh channel Kisah Islami terhadap keterampilan berbicara dengan kalimat yang lengkap dan kosakata yang baik dan tepat pada anak usia dini. Metode yang digunakan yaitu metode observasi melalui pengamatan keterampilan berbicara dengan kalimat yang lengkap dan kosakata yang baik dan tepat dalam berkomunikasi. Teknik observasi  dilakukan  dengan mendata struktur kalimat yang diujarkan oleh anak usia dini. Selain  itu, dilakukan perbandingan keterampilan berbicara antara anak-anak yang menonton channel Kisah Islami dan  tidak menonton channel tersebut. Keterampilan berbicara menggunakan kalimat lengkap disesuaikan dengan keterampilan berbicara pada anak secara umum berdasarkan tahap  perkembangan bahasa anak. Hasil yang didapat dari penelitian  ini adalah bahwa anak usia dini yang  lebih banyak  menonton channel Kisah Islami lebih terampil berbicara dengan kalimat yang lengkap dibanding anak-anak lainya yang tidak  menonton  channel  tersebut. Kalimat yang diujarkan oleh anak usia dini dapat dianalisis dan dikategorikan sesuai kelengkapan struktur kalimat, seperti subjek, predikat, objek, dan keterangan serta penggunaan kata yang tepat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dimensi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed, open access journal that provides publication of articles in all areas of educational research. It aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research findings and provide a platform for scientists and ...