Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi
Vol 10, No 3: Desember 2021

Model Aplikasi Digital Learning Menggunakan Netboard Untuk Pembelajaran Daring

Hetty Meileni (Politeknik Negeri Sriwijaya)
Indra Satriadi (Politeknik Negeri Sriwijaya)
Sony Oktapriandi (Politeknik Negeri Sriwijaya)
Desi Apriyanty (Politeknik Negeri Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2021

Abstract

Abstrak. Situasi pandemi covid-19 menuntut sistem pembelajaran tatap muka beralih menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring. Guru dituntut untuk berkreatifitas dalam mendesain pembelajaran agar peserta didik termotivasi dan berperan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penggunaan Teknologi Informasi menjadi hal yang penting dalam penyampaian materi secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran berbasis digital learning pada Sekolah Menengah Kejuruan Pelayaran Sinar Bahari Palembang menggunakan aplikasi netboard. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Four D yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu pendefennisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Untuk menilai kelayakan dan efektivitas media pembelajaran menggunakan aplikasi netboard ini dilakukan simulasi dan uji coba pada mata pelajaran P2TL (Peraturan Pencegahan Tubrukan di Laut) kelas Nautica IXA. Hasil penilaian melalui angket yang diberikan kepada guru menunjukkan bahwa dengan menggunakan aplikasi netboard dapat meningkatkan peran aktif dan motivasi siswa dalam belajar dengan tingkat kelayakan media rata-rata 91,97%. Hasil uji penerapan juga menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa rata-rata sebesar 94,45%. Angka tersebut menunjukkan media dinyatakan efektif digunakan.  Kata kunci: Media pembelajaran, Digital learning, Pembelajaran daring, Aplikasi netboardAbstract. The COVID-19 pandemic situation requires the face-to-face learning system to switch to distance learning or online. Teachers are required to be creative in designing learning so that students are motivated and play an active role in participating in learning. The use of Information Technology is important in delivering material online. This study aims to implement digital learning-based learning at the Sinar Bahari Palembang Shipping Vocational High School using a netboard application. This study uses the Four D development method which consists of several stages, namely defining, designing, developing and disseminating. To assess the feasibility and effectiveness of learning media using this netboard application, simulations and trials were conducted on the subject of P2TL (Regulations for Prevention of Collisions at Sea) class Nautica IXA. The results of the assessment through a questionnaire given to the teacher showed that using the netboard application could increase the active role and motivation of students in learning with an average media feasibility level of 91.97%. The results of the application test also showed an average increase in student learning outcomes by an average of 94.45%. This figure shows that the media is declared to be effectively used.Keywords: Instructional media, digital learning, online learning, netboard application

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jutisi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi adalah Jurnal Ilmiah bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang diterbitkan secara periodik tiga nomor dalam satu tahun, yaitu pada bulan April, Agustus dan Desember. Redaksi Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem ...