PROFETIK: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
Vol. 1 No. 1 (2020): JULI-DESEMBER

STUDI KOMPARASI PESERTA DIDIK PROGRAM TAHFIDZ QUR`AN DAN REGULER DALAM HASIL BELAJAR AL-QUR`AN HADITS DI MTs PSA ISTIQOMAH ISLAMIYYAH TULANG BAWANG BARAT

Aini, Naharin (Unknown)
Kuliyatun, Kuliyatun (Unknown)
Iswati, Iswati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Hasil belajar Al-Qur`an Hadits peserta didik dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pembelajaran Al-Qur`an Hadits di MTs PSA Istiqomah Islamiyyah antara peserta didik program Program Tahfidz Qur`an Dan Reguler dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Al-Qur`an Hadits antara peserta didik program Program Tahfidz Qur`an Dan Reguler. Jenis penelitian merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, interview dan observasi, dengan jumlah populasi 26 peserta didik yang terbagi dari 13 peserta didik program Tahfidz Qur`an dan 13 peserta didik program Reguler. Hasil Belajar Peserta Didik Program Tahfidz dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar Al-Qur`an Hadits tergolong cukup. Sementara hasil belajar peserta didik program Reguler dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar Al-Qur`an Hadits tergolong baik. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis uji T tes dengan hasil penelitian bahwa t hitung = 67,61 lebih besar dari t yang berada pada tabel baik pada taraf signifikansi 5% = 2,063 maupun 1% = 2,796. Dengan demikian pengujian hipotesis menunjukan bahwa ada prestasi belajar antara peserta didik Reguler dan Tahfidz Pada Mata Pelajaran Al-Qur`an Hadits.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

profetik

Publisher

Subject

Religion Education

Description

PROFETIK: merupakan Jurnal Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Metro, sebagai wahana komunikasi akademik dalam bidang Pendidikan Agama Islam yang mencakup Pemikiran Pendidikan Agama Islam, Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam, Pengembangan ...