PROFETIK: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 2 (2021): JANUARI-JUNI

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENS PADA SISWA DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH 1 WAY BUNGUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Maulana Ismail (Universitas Muhammadiyah Metro)
Iswati Iswati (Universitas Muhammadiyah Metro)
Kuliyatun Kuliyatun (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Pembelajaran merupakan perpaduan yang harmonis antara kegiatan pengajaran yang dilakukan guru dan kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, terjadi interaksi antara siswa dengan siswa, interaksi antara guru dan siswa, maupun interaksi antara siswa dengan sumber belajar. Diharapkan dengan adanya interaksi tersebut, siswa dapat membangun pengetahuan secara aktif, pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, serta dapat memotivasi peserta didik sehingga mencapai kompetensi yang diharapkan. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar PAI menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournamen dalam mata pelajaran aqidah akhlak.Jenis penelitiaan ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif. Berdasarkan hasil analisis statistic deskriptif diperoleh rata-rata motivasi belajar peserta kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlaak pretest yaitu 68% dan rata-rata motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran aqidah akhlak posttest yaitu 75%. Sehingga di dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di sekolah MTs Muhammadiyah 1 Way Bungur.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

profetik

Publisher

Subject

Religion Education

Description

PROFETIK: merupakan Jurnal Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Metro, sebagai wahana komunikasi akademik dalam bidang Pendidikan Agama Islam yang mencakup Pemikiran Pendidikan Agama Islam, Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam, Pengembangan ...