Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya beberapa hambatan belajar kemampuan problem posing siswa pada materi siklus air di tingkat sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hambatan belajar siswa kelas V SDN Cikawung 1 melalui tes hambatan belajar berdasarkan indikator kemampuan problem posing. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen tes, yaitu soal hambatan belajar. Hasil dari penelitian ini yaitu ditemukan beberapa hambatan belajar terkait dengan kemampuan problem posing siswa. Pertama, hampir seluruhnya (83%) siswa mengalami hambatan belajar dalam mengenali situasi terkait pengertian siklus air. Kedua, setengahnya (50%) siswa belum mampu mengidentifikasi informasi penting terkait penyebab terjadinya siklus air. Ketiga, setengahnya (50%) siswa belum mampu menggali informasi lebih terkait dampak siklus air. Keempat, hampir seluruhnya (83%) siswa belum mampu menganalisis informasi menarik berdasarkan teks. Kelima, setengahnya (50%) siswa keliru menyajikan konsep siklus air ke dalam bentuk pertanyaan sebagai tujuan utama kemampuan problem posing. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020