Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal matematika siswa pada materi bangun ruang di kelas V SD Negeri Pasanggrahan 3. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas V yang berada di SD Negeri Pasanggrahan III berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan awal dengan jenis tes uraian serta menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa dalam menentukan nama bangun ruang berada pada kategori sebagian besar mampu, menyebutkan rumus volume berada pada kategori hampir setengahnya mampu, menghitung volume bangun ruang berada pada kategori sebagian kecil mampu, memecahkan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang berada pada kategori tak ada seorangpun mampu, serta memecahkan masalah yang berkaitan dengan akar pangkat tiga berada pada kategori sebagian kecil mampu. Hal ini disebabkan adanya kesalahan dalam menjawab soal, seperti tidak lengkap menuliskan langkah penyelesaian soal, kesulitan melakukan operasi hitung serta kesalahan hasil akhir.
Copyrights © 2020