Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan komunikasi matematis siswa yang masih rendah terutama pada materi Statistika (Pengumpulan dan Penyajian Data). Sedangkan kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikuasai dalam pembelajaran matematika. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis tersebut karena siswa mengalami kesulitan belajar yang disebabkan oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis dan kesulitan belajar komunikasi matematis siswa. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan desain cross-sectional survey. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Statistika berada pada kriteria kurang baik, hal tersebut menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kemampuan komunikasi matematisnya rendah, 2) Kesulitan yang dialami siswa ketika belajar komunikasi matematis yaitu siswa kesulitan dalam memahami informasi pada soal, kesulitan dalam mengartikan istilah matematis, kesulitan dalam menjelaskan informasi, dan kesulitan dalam membuat sajian matematis.
Copyrights © 2020