Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengaruh dari penggunaan media pembelajaran Microsoft PowerPoint yang dilakukan di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan cara survey menggunakan instrumen angket model skala Likert yang dimodifikasi dengan partisipan 10 guru sekolah dasar dan 18 peserta didik kelas VI SDN Gunung Datar.Hasil penelitian menunjukkan: (1) efektivitas penggunaan media pembelajaran Microsoft PowerPoint dinyatakan efektif dengan persentase 71,05%; (2) efektivitas pembelajaran dinyatakan sangat efektif dengan memperoleh 80%; (3) Tanggapan peserta didik mengenai pembelajaran menggunakan media Microsoft PowerPoint dari segala aspek menyatakan Ya; (4) Terdapat terdapat hubungan yang linear antara penggunaan media pembelajaran Microsoft PowerPoint dengan efektivitas pembelajaran di SDN CIJATI, SDN Sinargalih II, SDN PILANGSARI 1, SDN KETIB, SDN Lebaksiuh, SDN Karangpawulang, SDN Gunung Datar, SDN 4 Soreang, SDN GENERASI MUDA 02.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020