JPI
Vol 3, No 2 (2020)

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Persiapan Pembelajaran Pada Materi Pengolahan Data

Hidayat, Taufik Silpan (Unknown)
Maulana, M. (Unknown)
Iswara, Prana Dwija (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Matematika merupakan bidang studi yang mendukung berkembangnya ilmu pengetahuan dan juga teknologi. Dalam belajar matematika, seorang guru haruslah merancang dan juga memprogram pembelajaran matematika agar mengetahui seperti apa penggunaan matematika dalam kehidupan nyata siswa, meningkatkan kolaborasi, mendorong penggunaan teknologi, mengembangkan siswa supaya mampu mengungkapkan ide baik secara lisan maupun tulisan, serta menjelaskan bahwa matematika sangatlah berkaitan erat dengan mata pelajaran lain dan juga dalam kehidupan sehari-hari siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan desain penelitian tipe survey jenis cross sectional survey design dengan menggunakan instrument tes diagnostik, wawancara, angket, dan juga dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah yang paling tinggi dimiliki siswa yaitu kemampuan memahami masalah, sedangkan kemampuan pemecahan masalah paling rendah yang dimiliki siswa yaitu terletak pada kemampuan merumuskan analisis penyelesaian masalah. Oleh karena itu, dapat dikatakan pula bahwa kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki oleh siswa dapat dikatakan masih kurang.

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...