JPI
Vol 3, No 2 (2020)

Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas V pada Materi Segibanyak

Riani, Siska (Unknown)
Irawati, Riana (Unknown)
Nugraha, Dadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis tingkat pemahaman matematis siswa di  kelas V, dan penyebab rendahnya pemahaman matematis serta solusi untuk mengatasinya. Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan desainnya yaitu studi kasus. Subjek penelitiannya yaitu kelas V SDN Cikondang II dengan jumlah 22 siswa. Instrumennya yaitu berupa tes diagnostik dan wawancara. Adapun, dari hasil tes diperoleh informasi, bahwa kemampuan pemahamanimatematis siswa kelas V dapat dikategorikan sangat rendah. Hasil wawancara mengenai faktor yang menyebabkan rendahnya pemahaman matematis siswa yaitu: kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran matematika, daya dukung kurang memadai, lingkungan siswa kurang mendukung, cara belajar siswa yang kurang efektif. Selanjutnya, solusi untuk mengatasinya yaitu: guru harus menggunakan metode, model, starategi, dan media yang bervariatif dan inovatif, pihak sekolah harus memberi fasilitas yang memadai, orangtua harus mendukung pendidikan anak, guru perlu memberikan nasehat dan motivasi kepada siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...