Pandemi Covid-19 sangat membahayakan bagi masyarakat sehingga membuat proses belajar mengajar yang awalnya dilaksanakan di sekolah kini berpindah ke rumah dengan menggunakan sistem daring berbasis whatsapp. Hal ini menjadi perhatian bagaimana peran orang tua selama kegiatan belajar secara daring. Penelitian dengan judul “Peran Pendampingan Orang Tua terhadap Sistem Belajar Daring disaat Pandemi Covid-19â€, Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua ketika mendampingi anak belajar secara daring, mengetahui respons orang tua ketika mendampingi anak dan respons anak ketika didampingi orang tua ketika belajar daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan desain kualitatif. Sampel berdasarkan nonprobabilty sampling yaitu orang tua dan siswa sekolah dasar yang berada di Desa Licin. Berdasarkan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa peran orang tua dalam mendampingi anak belajar secara daring berjumlah 83.4%, artinya orang tua mendampingi anak dengan baik dan respons anak ketika didampingi orang tua sebesar 85.3% artinya, anak mendapatkan bimbingan yang baik dari orang tua.
Copyrights © 2020