JPI
Vol 3, No 2 (2020)

Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Tes Diagnostik Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Pecahan

Suryati, Yustika Indira (Unknown)
Isrokatun, Isrokatun (Unknown)
Maulana, Maulana (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa dalam kemampuan berpikir kritis yang masih kurang merupakan hal yang melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pecahan. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan deskriptif tipe survei lintas-bagian (cross-sectional survey). Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Tenjonagara, Kabupaten Sumedang berjumlah 45 siswa. Dalam pengambilan instrumen penelitian ini diambil analisis berupa tes diagnostik yang dilakukan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pecahan memperlihatkan bahwa kemampuan siswa berada pada tingkat kategori sedang yaitu 57,77 sehingga kemampuan berpikir kritis siswa masih perlu ditingkatkan agar lebih optimal. Kesulitan yang dialami siswa berdasarkan analisis kemampuan berpikir kritis dalam penelitian ini yaitu sulit dalam mengoperasikan hitungan matematika, sulit membedakan simbol-simbol, sulit menemukan kata kunci, sulit mengubah kalimat ke dalam representasi matematika, dan sulit menyusun strategi penyelesaian dengan tepat.

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...