Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran hingga hambatan dalam penggunaan media dalam proses pembelajaran pada materi Rumah Adat hingga akhirnya terumuslah suatu hipotesis tindakan ialah dengan penggunaan media “Cultural Card†dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Rumah Adat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan level 1 yang berarti menemukan hipotesis tindakan untuk memperbaiki permasalahan yang ada, pengolahan data yang digunakan yaitu triangulasi data. Hasil dari penelitian ini ialah dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran memang sebaiknya menggunakan sebuah media untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik walaupun dalam penggunaannya terdapat hambatan baik dari tenaga pendidik atau dari peserta didik. Maka saran yang diberikan yaitu perlu adanya pelatihan kembali kepada tenaga pendidik dalam penggunaan media pembelajaran khususnya media “Cultural Card
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020