Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah siswa mempunyai kemampuan memahami konsep matematika. Dalam pembelajaran matematika siswa bukan sekedar menghafal rumus, siswa harus memiliki kemampuan pemahaman yang baik terhadap suatu materi/konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar pemahaman matematis yang dialami oleh siswa pada materi sifat dan luas bangun datar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Parungjaya II di Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka. Metode yang digunakan yaitu penelitian deskriptif, dengan desain survey. Pengumpulan data penelitian diambil dari tes diagnostik siswa. Analisis data menunjukkan bahwa kemampuan matematis siswa masih rendah (16,6%) serta siswa mengalami kesulitan menggunakan konsep, kesulitan menggunakan prinsip serta kesulitan dalam proses perhitungan aritmatika. Kesulitan yang paling tinggi dialami oleh siswa adalah kesulitan menggunakan prinsip, hal ini disebabkan siswa belum memahami secara penuh prinsip-prinsip matematika pada materi sifat dan luas bangun datar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020