Media pembelajaran merupakan salah satu alat bantu yang banyak ditemukan di sekolah yang digunakan untuk memberikan stimulasi agar terjadi interaksi dalam proses pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini analisis bibliometrik memetakan beberapa aspek media pembelajaran dalam daftar pustaka. Penelitian ini mengklasifikasikan dan menganalisis media pembelajaran yang telah diterbitkan di jurnal internasional selama tahun 2015-2020 melalui tinjauan bibliometri. Empat hasil yang dianalisis adalah: 1) melihat tren publikasi perkembangan artikel tentang media pembelajaran yang meningkat pada tahun 2019 sebanyak 105 artikel; (2) penulis kolaborasi dalam artikel 2015-2020 menunjukkan bahwa dari 669 penulis termasuk tiga belas penulis asosiasi paling berpengaruh; (3) istilah judul dalam artikel yang banyak digunakan penulis adalah “mediaâ€; (4) Kata kunci yang digunakan peneliti / penulis dalam artikel hasil pencarian dari mengidentifikasi 368 kata kunci yang digunakan pada artikel terpilih.
Copyrights © 2020