Peneltian dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran scramble untuk meningkatkan minat belajar IPS siswa kelas V di SDN Teja 2. Metode pada penelitian ini yaitu penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Temuan penelitian dari instrument wawancara, angket yaitu wawancara dengan sampel A dan B mengenai penerapan permainan scramble. Hasil penelitian ini meliputi wawancara yang menunjukkan bahwa permainan permainan scramble dapat meningkatkan minat belajar siswa, diperkuat dengan hasil angket dengan nilai rata-rata 91, 67% menurut guru, membuktikan bahwa penerapan permainan scramble memberikan dampak positif dan dapat meningkatkan meningkat belajar siswa pada pelajaran IPS. Selain itu, permainan scramble pun bisa diterapkan pada sekolah-sekolah dasar lainnya sebagai upaya meningkatnya minat belajar siswa pada pembelajaran IPS.
Copyrights © 2020