JPI
Vol 3, No 2 (2020)

PENERAPAN PERMAINAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS V

Mellyana, Mellyana (Unknown)
Iswara, Prana Dwija (Unknown)
Hanifah, Nurdinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Peneltian dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran scramble untuk meningkatkan minat belajar IPS siswa kelas V di SDN Teja 2. Metode pada penelitian ini yaitu penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Temuan penelitian dari instrument wawancara, angket yaitu wawancara dengan sampel A dan B mengenai penerapan permainan scramble. Hasil penelitian ini meliputi wawancara yang menunjukkan bahwa permainan permainan scramble dapat meningkatkan minat belajar siswa, diperkuat dengan hasil angket dengan nilai rata-rata 91, 67% menurut guru, membuktikan bahwa penerapan permainan scramble memberikan dampak positif dan dapat meningkatkan meningkat belajar siswa pada pelajaran IPS. Selain itu, permainan scramble pun bisa diterapkan pada sekolah-sekolah dasar lainnya sebagai upaya meningkatnya minat belajar siswa pada pembelajaran IPS.

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...