JPI
Vol 3, No 2 (2020)

Analisis Keterbacaan Teks Bahasa Indonesia pada Buku Siswa Kelas V SD (Edisi Revisi 2017) Kurikulum 2013

Galih, Mochammad (Unknown)
Iswara, Prana Dwija (Unknown)
Kurnia, Dadang (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya permasalahan mengenai keterbacaan sebuah teks dan rendahnya hasil penelitian yang dilakukan oleh PISA. Hal ini menimbulkan banyaknya keluhan dari siswa menenai kesulitan dalam memahami sebuah teks wacana pada buku siswa Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterbacaan teks Bahasa Indonesia pada buku siswa kelas v sd (edisi revisi 2017) Kurikulum 2013 dan mengklasifikasikan penggolongan kata yang sulit pada setiap teks wacana yang diteliti. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan rancangann kualitatif. Penelitian mengambil subjek yaitu dari wacana yang ada pada buku teks Bahasa Indonesia kelas v sd Kurikulum 2013 sebanyak 40 teks wacana dari 9 tema yang ada. Selanjutnya peneliti melakukan prosedur penelitian mulai dari tahap persiapan sampai dengan pengolahan data. Pengeolahan data disini menggunakan instrumen yaitu perhitungan formula grafix fry. Berdasarkan hasil pembahasan bahwasannya terdapat 36 teks wacana yang tidak sesuai dengan jenjang kognisi siswa dan 4 teks wacana sesuai dengan jenjang kognisi siswa. Selain itu terdapat pula 160 kata atau kosakata yang dapat diaktegorikan sebagai kata yang sulit.

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...