Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sejumlah hambatan belajar pemahaman matematis pada materi keliling dan luas bangun datar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hambatan belajar yang dialami oleh siswa, mengembangkan desain didaktis berdasarkan pembelajaran berbasis masalah untuk  mengatasi hambatan belajar pemahaman matematis pada materi keliling dan luas bangun datar, mengetahui kelayakan desain didaktis menurut guru, dan mengetahui keterbacaan desain didaktis menurut siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan DDR (Didactical Design Research) sebagai desainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami tujuh tipe hambatan belajar yang terbagi dalam hambatan belajar epistemologis dan ontogenis. Dengan begitu, disusunlah desain didaktis berdasarkan pembelajaran berbasis masalah untuk mengatasi hambatan belajar pemahaman matematis pada materi keliling dan luas bangun datar, berdasarkan tanggapan guru, desain didaktis layak untuk digunakan, dan berdasarkan tes keterbacaan siswa, desain didaktis pada pertemuan kedua perlu adanya perbaikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020