JPI
Vol 3, No 2 (2020)

Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Volume Bangun Ruang Balok dan Kubus

F.M, Anggi Afriansyah (Unknown)
Maulana, M. (Unknown)
Irawati, Riana (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis siswa dalam memahami materi volume bangun ruang dapat dikategorikan masih rendah. Hal tersebut terlihat dari kesulitan-kesulitan yang dialami siswa SD dalam memahami materi volume bangun ruang balok dan kubus. maka dari itu, dilakukan sebuah penelitian untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi volume bangun ruang balok dan kubus. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan desain Cross-sectional Survey. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis. Dari hasil analisis tes, terlihat bahwa siswa mengalami kesulitan pada saat menyebutkan unsur-unsur balok, melakukan perhitungan volume, dan menyelesaikan soal cerita mengenai volume. Dari hasil analisis tes menunjukkan persentase ketercapaian siswa pada kemampuan pemahaman mekanikal sebesar 28,99%, sedangkan pemahaman induktif 7,50%. Hal tersebut menunjukkan tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa dari tiga sekolah dasar masih berada pada tahap pemahaman mekanikal.

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...