Terdapat berbagai macam model pembelajaran salah satunya adalah game-based learning. Pemetaan Penelitian game-based learning mencakup trend publikasi, artikel yang paling banyak dikutip, kolaborasi penulis, istilah judul, dan kata kunci yang digunakan oleh penulis dalam artikel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengembangan studi game-based learning pada periode 2015-2019, melalui analisis bibliometrik. Hasil analisis ditemukan: (1) trend publikasi game-based learning meningkat pada tahun 2019 dengan database Scopus. (2) sebagian besar artikel dikutip dengan 43 jumlah kutipan; (3) kolaborasi penulis dalam pembuatan artikel pembelajaran dalam pembuatan permainan yang relatif kecil, dan penulis rata-rata hanya memiliki satu dokumen yang saling berkaitan (4) judul sebagian besar digunakan oleh penulis dalam artikel adalah "game" (5) istilah kata kunci penulis sebagian besar digunakan adalah "game-based learning". Jadi trend publikasi mengalami peningkatan setiap tahunnya, walaupun kolaborasi penulis masih relatif kecil. Sedangkan kutipan artikel mengalami penurunan. Maka, membuat artikel kutipan dan kolaborasi menjadi peluang untuk penelitian yang akan datang.
Copyrights © 2020