JPI
Vol 3, No 2 (2020)

Analisis Kesulitan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar

Visella, Yusti Arbianti (Unknown)
Maulana, M. (Unknown)
Isrokatun, I. (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis siswa yang masih rendah merupakan hal yang melatarbelakangi penelitian ini. Dengan tujuan untuk mengetahui kesulitan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi keliling dan luas bangun datar. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan survei lintas-bagian sebagai desain penelitiannya. Instrumen pada penelitian ini meliputi tes diagnostik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa masih kurang, ditunjukkan dengan rata-rata nilai siswa hanya 36,26, berada pada kategori kurang baik. Dilihat dari persentase ketercapaian siswa terhadap kemampuan pemahaman matematis berdasarkan indikatornya, sebanyak 35,87% siswa yang telah mencapai indikator pemahaman mekanikal, sedangkan indikator pemahaman induktif memperoleh 41,33%. Siswa lebih banyak mengalami kesulitan pada indikator pemahaman mekanikal. Secara keseluruhan, kesulitan yang dialami siswa adalah siswa kurang menguasai operasi hitung perkalian, kurang memahami materi sifat-sifat bangun datar, kesulitan dalam penggunaan konsep keliling dan luas bangun datar, kesulitan dalam menyelesaikan soal secara prosedural, dan siswa belum memahami instruksi soal.

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...