JPI
Vol 3, No 2 (2020)

Perspektif Guru dalam Penerapan Model Latihan Inkuiri terhadap Liiterasi Sains pada Siswa Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Kecamatan Kadungora

Zijiah, Ipah (Unknown)
Sunarya, Dede Tatang (Unknown)
Jayadinata, Asep Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model latihan inkuiri pada literasi sains siswa berdasarkan perspektif guru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti tehadap literasi sain yang harus dimiliki oleh setiap siswa pada abad ke-21. Dalam hal ini peenerapan pembelajaran model latihan inkuiri adalah cara yang tepat untuk meningkatkan literasi sains siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain metode survei. Populasi yang dipakai adalah semua guru sekolah dasar di kelas tinggi di Kecamatan Kadungora dengan instrumen kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model latihan inkuiri memiliki pengaruh yang signifikan pada literasi sains siswa dengan posisi yang kuat. Implikasi penelitian adalah untuk memberikan kepraktisan dengan model latihan inkuiri, literasi sains siswa dapat ditingkatkan sehingga kemampuannya untuk kemampuan keterampilan di abad ke-21 siswa

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...