JPI
Vol 3, No 2 (2020)

Desain Didaktis Materi Pengolahan Data dengan Model Realistic Mathematics Education untuk Mengatasi Hambatan Belajar pada Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar

Putri, Sin Sin Larang (Unknown)
Isrokatun, I. (Unknown)
Maulana, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Kemampuan representasi merupakan pusat pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil tes hambatan belajar, siswa masih mengalami hambatan pada materi pengolahan data dan kemampuan representasi matematis. Tes hambatan belajar dilakukan pada siswa kelas V dan kelas VI yang dipilih secara acak sebanyak tujuh belas orang. Hasilnya menunjukan terdapat enam tipe hambatan belajar. Hambatan-hambatan belajar tersebut kemudian mendorong peneliti untuk memberikan suatu solusi dengan cara menerapkan Didactical Design Research (DDR). Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berdasarkan hambatan belajar untuk mengatasi hambatan belajar. Desain didaktis disusun berdasarkan karakteristik model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Desain didaktis disusun untuk tiga kali pertemuan yang kemudian dijadikan sebagai rancangan solusi pada hambatan belajar materi pengolahan data kelas V sekolah dasar. Kualitas desain didaktis yang dibuat dinilai berdasarkan uji keterbacaan dan respon guru. Adapun hasil penilaian kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) yang disusun menunjukan sebagian besar responden menilai LKS dalam kategori sangat baik.

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...