JPI
Vol 3, No 2 (2020)

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dengan Menggunakan Newman Error Analysis Pada Materi Bangun Datar

Yuningsih, Nining (Unknown)
Aeni, Ani Nur (Unknown)
Irawati, Riana (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dengan Menggunakan Newman Error Analysis Pada Materi Bangun Datar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Cijambe 1. Teknik pengumpul data dan instrumen yang digunakan yaitu tes pemecahan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dengan jenis tes uraian. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruhnya siswa yang sudah dapat membaca masalah (99,22%), hanya hampir setengahnya siswa yang sudah dapat memahami masalah (34,38%), sebagian besar siswa siswa yang sudah mampu dalam mentransformasikan masalah (60,94%), sebagian besar siswa yang sudah mampu dalam keterampilan proses diperoleh presentase 57,04% serta hampir seluruhnya siswa sudah mampu dalam penulisan akhir dengan presentase 82,82%.

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...