Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika
Vol. 4 No. 1: March 2020

Efektifitas Perangkat Pembelajaran dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Strategi Peta Konsep untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep

S. Syarifuddin (Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rawa Aopa, Motaha, Angata, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara 93875)
Al Asri (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rawa Aopa, Motaha, Angata, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara 93875)
Atin Mujizatin (Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rawa Aopa, Motaha, Angata, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara 93875)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran IPA SMP yang dikembangkan berorientasi pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan strategi concept mapping untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi kalor di siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan uji coba one group pretest-posttest. Perangkat pembelajaran yang diimplementasikan dalam penelitian ini meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Buku Siswa, dan Lembar Penilaian (LP). Subyek penelitian adalah 10 siswa kelas VII SMP Negeri 19 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepraktisan perangkat pembelajaran yang ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran berkategori baik, aktivitas siswa paling dominan adalah proses memecahkan masalah, serta respons siswa terhadap pembelajaran dinyatakan positif dan (2) keefektifan perangkat pembelajaran yang ditinjau dari ketuntasan hasil belajar produk, proses, dan psikomotor berkategori tuntas, perilaku berkarakter dan keterampilan sosial berkategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA SMP yang digunakan praktis, dan efektif) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMP pada materi kalor.The Effectiveness of Learning Tools with Guided Inquiry Model Assisted by Concept Map Strategies to Improve Concept MasteryAbstractThis study aims to describe the practicality and effectiveness of the Junior High School natural learning learning tools that are developed oriented towards guided inquiry learning assisted with concept mapping strategies to improve the mastery of concepts in heat material in junior high school students. This research is a descriptive study with a one group pretest-posttest trial design. The learning tools implemented in this study include the Learning Implementation Plan (RPP), Student Worksheets (LKS), Student Books, and Assessment Sheets (LP). The research subjects were 10 grade VII students of SMP Negeri 19 Surabaya. The results showed that (1) the practicality of learning devices in terms of good learning implementation, the most dominant student activity was the process of solving problems, and students' responses to learning were positive and (2) the effectiveness of learning devices in terms of completeness of learning outcomes of products, processes , and psychomotor categorized as complete, characterized by good behavior and social skills. Based on the results of these studies it can be concluded that the science learning tools of junior high school that are used practically, and effectively) to improve the mastery of the concept of junior high school students on heat material.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

e-Saintika

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika was published by Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM) which contains articles that are based on the results of conceptual research and studies in the field of education such as (1) Assessment and Evaluation; (2) Higher ...