SPEED - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi
Vol 10, No 4 (2018): Speed 2018

Analisis Ekspresi Wajah Karakter Kartun Guna Pengembangan Pembuatan Film Animasi

Arin Yuli Astuti - Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2018

Abstract

Abstract - " Animation is one of the interactive media that is able to provide information to the public. By using animated film media, people are more interested and entertained when getting information. In animated films, many facial expressions conveyed resemble the shape of a human face to the original. But animation has a more interesting and funny form of facial expression.Many beginner animators are confused about how to make facial expressions of a cartoon, be it sad, happy, crying, laughing and many more that can be extracted and made into a frame to make facial expressions. For that researchers try to make the mouth, eyebrow and eye skeletons that can represent facial expressions from various kinds of mood characters to be drawn.By using the pattern of the mouth, eyes and eyebrows of humans can be formed a picture of a cartoon character. The researchers only took the three objects without taking a head pattern because the mouth, eyes and eyebrows were central to facial expressions. While the head can be used in various forms without having to be changed except when changing positions, such as tilting, forward or backward. By taking the title of Face Expression Analysis of Cartoon Characters for Development of Animated Film Making, the researchers hope to help the animators to determine the facial expressions of cartoons while drawing with the help of human photographic patterns. Abstrak - “Animasi adalah salah satu media interaktif yang mampu memberikan informasi kepada masyarakat. Dengan menggunakan media film animasi orang lebih tertarik dan terhibur saat mendapatkan informasi. Di dalam film animasi banyak ekspresi wajah yang di sampaikan menyerupai bentuk wajah manusia pada aslinya. Namun animasi memiliki bentuk ekspresi wajah yang lebih menarik dan lucu.Banyak para animator pemula yang bingung bagaimana cara membuat ekspresi wajah sebuah kartun, baik itu sedih,senang, menangis, tertawa dan masih banyak lagi lainnya yang dapat digali dan dijadikan kerangka membuat ekspresi wajah. Untuk itu peneliti mencoba akan membuat kerangka mulut, alis dan mata yang dapat mewakili ekspresi wajah dari berbagai macam suasana hati karakter yang akan digambar.Dengan menggunakan pola mulut, mata dan alis manusia dapat dibentuk sebuah gambar karakter kartun. Peneliti hanya mengambil tiga objek tersebut tanpa mengambil pola kepala karena mulut, mata dan alais adalah pusat ekspresi wajah. Sedangkan kepala bisa digunakan dengan berbagai macam bentuk tanpa harus di ubah-ubah kecuali saat perubahan posisi, misalnya miring, kedepan atau kebelakang.  Dengan mengambil judul Analisis Ekspresi Wajah Karakter Kartun guna Pengembangan Pembuatan Film Animasi peneliti berharap dapat membantu para animator untuk menentukan ekspresi wajah kartun saat menggambar dengan bantuan pola gambar foto manusia.Kata kunci: animasi, foto, ekspresi wajah

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Electrical & Electronics Engineering Engineering Library & Information Science

Description

Jurnal SPEED adalah majalah ilmiah untuk menampung publikasi riset yang dilakukan oleh dosen, guru dan praktisi agar bisa di kritisi banyak masyarakat sehingga menadpat kemanfaatan dalam kehidupan. Scope jurnal diantaranya adalah ilmu komputer, pemrograman, pendidikan, ebussines dan lingkup ...