Knowledge management merupakan rangkaian  dari proses kegiatan dalam organisasi atau instansi pendidikan yang bertujuan untuk mengidentifikasi, menciptakan serta menjelaskan dan mendistribusikan pengalaman dan pengetahuan kemudian dipelajari dalam organisasi guna untuk meningkatkn kualitas dan kuantitas dari organisasi tersebut. Dari 156 Madrasah Aliyah Swasta yang guru-gurunya telah disertifikasi, yang diambil sebagai sampel hanya 30 madrasah. Penentuan sampel tersebut dilakukan secara purposive, dengan mempertimbangakan keterwakilan wilayah/ kecamatan. Penelitian ini  diharapkan menjadi bahan kajian bagi berbagai stakeholder terkait, semisal pemerintah, pihak madrasah, bahkan guru sertifikasi sendiri, khususnya  yang ada pada Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Lombok Tengah dalam meningkatkan profesionalitas melalui penerapan knowledge management. Dalam meningkatkan kemampuan profesionalitas guru sertifikasi perlu adanya pengelolaan sumber daya manusia dan IT (information technology) sebagai salah satu komponen yang ada pada knowledge management. Pengelolaan sumber daya manusia dan IT dapat dilaksanakan dalam bentuk pemberian workshop dan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pedagogik guru dan berfungsi sebagai wadah untuk sharing pengetahuan tentang kemampuan guru sertifikasi. Selain itu, hal penting lainnya adalah mengeksplisitkan pengetahuan yang dimiliki guna menambah pengalaman dan potensi yang dituangkan dalam bentuk pengaplikasian pada proses pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020