JURNAL DIVERSITA
Vol 7, No 2 (2021): JURNAL DIVERSITA DESEMBER

Group Cognitive Therapy For Suicide Prevention Berbasis Internet Untuk Mengurangi Ide Bunuh Diri Pada Mahasiswa

Puput Mariyati (Universitas Airlangga)
Hamidah Hamidah (Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas Cognitive Therapy for Suicide Prevention (CT-SP) berbasis internet dengan pendekatan kelompok untuk mengurangi ide bunuh diri pada mahasiswa. Mahasiswa mengalami masa yang menantang saat memasuki jenjang pendidikan tinggi karena transisi perkembangan dari remaja akhir menuju dewasa awal. Dalam masa transisi ini, mahasiswa mungkin mengalami tekanan atau masalah psikologis yang menjadi faktor resiko terkait ide bunuh diri. Wenzel et al., (2009) mendefinisikan ide bunuh diri sebagai pikiran, gambar, keyakinan, suara, atau kognisi lain yang dilaporkan oleh individu untuk mengakhiri hidupnya sendiri. CT-SP menunjukkan efektivitas dalam menurunkan ide bunuh diri, namun untuk pendekatan online belum diketahui. Desain penelitian yang digunakan adalah kelompok kontrol pretest posttest. Subjek adalah mahasiswa yang berstatus aktif di perguruan tinggi negeri dan swasta yang berusia 18-25 tahun. Subyek berjumlah 14 orang yang dibagi dalam kelompok ekperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah Scale of Suicidal Ideation (Beck et al., 1979). Hasil penelitian menunjukkan perbedaan skor ide bunuh diri pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan intervensi, dengan sig. 0.011 (sig.< 0,05) dan nilai effect size 1.595 (kategori efektivitas besar). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa intervensi CT-SP berbasis internet dengan pendekatan kelompok efektif dalam menurunkan ide bunuh diri mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

diversita

Publisher

Subject

Education Neuroscience Social Sciences

Description

Journal Diversita is an open access, interdisciplinary journal for the rapid publication of original articles and reviews that focus on basic research in all areas of Biomarkers. The journal is broad scoped and considers topics from all related subjects of perception, cognition, attention, emotion, ...