EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 7, No 1 (2022): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HOTS MEMUAT KETERAMPILAN 4C MENUJU PEMBELAJARAN ABAD 21

Lamhatin, Fuji (Unknown)
Fajarianingtyas, Dyah Ayu (Unknown)
Anekawati, Anik (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui tingkat validitas instrumen, peningkatan keterampilan 4C dan respon siswa dan guru di MTs Nurul Huda Kecamatan Rubaru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Developmentmodel pengembangan Dick And Carry. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil uji coba yang diperoleh untuk mengetahui tingkat validitas instrumen HOTS dalam pembelajaran IPA menunjukkan rata-rata skor total CVR dan CVI ≥ 1 (layak), peningkatan keterampilan 4C a) keterampilan komunikasi mengalami peningkatan mencapai 51,79% b)  keterampilan kolaborasi 51,79%  c) keterampilan berpikir kritis 67,86%.  d) keterampilan berpikir kreatif 54,46% dengan kriteria terdapat peningkatan yang cukup signifikan. Respon positif siswa adalah 67,5% dan respon guru dengan rata-rata 87,5% dengan kategori sangat tercapai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...