Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan nilai-nilai karakter siswa dengan hasil belajar menggunakan model Cooperative Problem Based Learning (CPBL) terintegrasi bahan ajar kimia SMA/MA. Penelitian ini dilakukan di SMA/MA Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA/MA di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ada 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model Cooperative Problem Based Learning (CPBL) terintegrasi bahan ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dan kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model Cooperative Problem Based Learning(CPBL) terintegrasi bahan ajar kimia SMA/MA di sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan dalam bentuk tes objektif hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan uji Correlation pada program SPSS 16 for windows, Sig. (-tailed) < α = 0.05, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho ditolak. Untuk mengetahui pengaruh antara karakter dengan hasil belajar dapat digunakan uji Regression Linear pada program SPSS 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha1 diterima dengan perolehan harga sig. 0,000< 0,05, dengan kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan nilai-nilai karakter siswa yaitu komunikatif, kreatifitas, rasa ingin tahu, tanggung jawab dan toleransi. Kata Kunci : Cooperative Problem Based Learning (CPBL), Bahan Ajar Kimia, Hasil Belajar, Karakter.
Copyrights © 2022