Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 1 (2022)

EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN READ ALOUD DENGAN MEDIA BUKU CERITA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA RESEPTIF DAN EKSPRESIF PADA ANAK USIA DINI

Mudy Endahwati (Universitas Negeri Surabaya)
Bachtiar S Bachri (Universitas Negeri Surabaya)
Umi Anugerah Izzati (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian empiris guna mengetahui perbedaan keefektifan antara metode pembelajaran read aloud berbasis media gambar seri dengan metode lain yang biasanya digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berbahasa reseptif pada anak usia dini. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen nonequivalent control group dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas dan dua variabel tak bebas. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran  read aloud dengan media cerita gambar seri (X), sedangkan variabel tak bebas dalam penelitian adalah kemampuan bahasa ekspresif (Y1) dan kemampuan berbahasa ekspresif (Y2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode pembelajaran read aloud dengan media cerita gambar seri lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berbahasa reseptif pada anak usia dini, secara statistik nilai Fhitung =5.766 dengan tingkat signifikan p = 0.022 lebih kecil dari 5%; (2) Metode pembelajaran read aloud dengan media cerita gambar seri lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif pada anak usia dini, secara statistik nilai Fhitung = 1.028 tingkat signifikan p = 0.012 lebih kecil dari 5%. Pada  hasil studi ini dapat  memberikan wawasan serta inovasi baru  dalam keefektifan pemeblajaran  metode read aloud pada  kegiatan bercerita gambar seri  bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan berbahasa reseptif dan ekspresif anak

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...