MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2020): MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT KELAS VII SMP SATAP NEGERI MAUSAK TAHUN AJARAN 2019/2020

Yulianus Leu (Universitas Timor)
Stanislaus Amsikan (Universitas Timor)
Oktovianus Mamoh (Universitas Timor)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Artikel dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pokok Bahasan Bilangan Bulat Kelas VII SMPSN Mausak”.Rumusan masalahyaitu Bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi bilangan bulat di kelas VII SMPSN Mausak?.Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matemtika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi bilangan bulat siswa kelas VII SMP Satap Negeri Mausak.Jenis penelitian adalahPenelitian Tindakan Kelasdengan menerapkan model pembelajarankooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIA berjumlah 18 orang. Data yang dikumpulkan adalah data primer. Alat pengumpulan data adalahlembar observasi dan tes. Cara mengumpulkan data dengan observasi dan tes. Pelaksanaan Penelitian dalam 2siklus, dengan tahapan perancanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik analisis data dengan menganalisis data hasil observasi dan hasil tes.Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaranmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Bilangan bulat pada siswa kelas VIIA SMPSN Mausak. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan kelas setiap siklus yaitu siklus I sebesar 61,11% dan siklus II meningkat menjadi 83,33%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) ...