MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika
Vol 6 No 2 (2021): MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika

Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Kain Buna Masyarakat Insana Tengah

Aurelya Y. Haki Natun (Universitas Timor)
Oktovianus Mamoh (Universitas Timor)
Stanislaus Amsikan (Universitas Timor)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi yang bertujuan untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika yang ada pada kain tenun motif buna. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Letmafo, Kecamatan Insana Tengah, Kabupaten Timor Tengah Utara pada bulan Februari 2021. Subjek penelitian adalah informan dan objek penelitian adalah kain tenun motif buna. Instrumen penelitian berupa human instrument, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: ditemukan konsep-konsep matematika seperti konsep geometri (bangun datar). Hal ini menunjukkan bahwa matematika tumbuh dan berkembang dalam aktivitas masyarakat tertentu yang disebut dengan etnomatematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) ...