Patria Educational Journal
Vol 1 No 2 (2021): Volume 1 Nomor 2 Desember 2021

Pengembangan Mosbee (Monopoli Sumber dan Bentuk Energi) Materi Sumber dan Bentuk Energi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas III UPT SDN Banggle 02 Kabupaten Blitar

Rizki Lia Utami (UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA BLITAR)
Fathul Niam (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Siti Rofi'ah (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana pendukung tercapainyatujuanpembelajaran.HasilwawancarapadagurukelasIIIUPTSDNBanggle 02Kabupaten Blitar ditemukan permasalahan: 1) Pembelajarandaring yang dinilai membosankan, 2) Motivasi belajar siswa kelas III yangkurang, 3) Guru jarang menggunakan media yang menarik, 4) Siswa tidakaktif,5)Tidakadavariasimedia.Haliniberdampakpadarendahnyamotivasidankeaktifansiswasehinggamempengaruhihasilbelajarnya.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranMosbeesebagaipeningkatanmotivasidankeaktifanbelajarsiswa.Penelitian ini menggunakan 5 tahapan model ADDIE yaitu analisis, desain,pengembangan,implementasi,danevaluasi.Pengumpulandatamenggunakanangketahlimedia,angketahlimateri,angketsiswa,danangketguru.Hasilpenelitianinimeliputivalidasiahlimediadiperolehpersentase82,69%dengankriteriavalid,validasiahlimateridiperolehpersentase 90% dengan kriteria sangat valid,keefektifan media oleh gurudiperoleh persentase sebesar 85% yang termasuk kategori sangat efektif.MediaMosbeedikatakandapatmeningkatkanmotivasidankeaktifanbelajarsiswadenganskorpeningkatanmotivasisebesar39,5%dankeaktifansebesar41%dengankategorisedang.JadipengembanganMosbeevaliddanefektif,dapatdigunakansertadapatmeningkatkanmotivasidan keaktifan belajarsiswa. Media pembelajaran merupakan sarana pendukung tercapainyatujuanpembelajaran.HasilwawancarapadagurukelasIIIUPTSDNBanggle 02Kabupaten Blitar ditemukan permasalahan: 1) Pembelajarandaring yang dinilai membosankan, 2) Motivasi belajar siswa kelas III yangkurang, 3) Guru jarang menggunakan media yang menarik, 4) Siswa tidakaktif,5)Tidakadavariasimedia.Haliniberdampakpadarendahnyamotivasidankeaktifansiswasehinggamempengaruhihasilbelajarnya.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranMosbeesebagaipeningkatanmotivasidankeaktifanbelajarsiswa.Penelitian ini menggunakan 5 tahapan model ADDIE yaitu analisis, desain,pengembangan,implementasi,danevaluasi.Pengumpulandatamenggunakanangketahlimedia,angketahlimateri,angketsiswa,danangketguru.Hasilpenelitianinimeliputivalidasiahlimediadiperolehpersentase82,69%dengankriteriavalid,validasiahlimateridiperolehpersentase 90% dengan kriteria sangat valid,keefektifan media oleh gurudiperoleh persentase sebesar 85% yang termasuk kategori sangat efektif.MediaMosbeedikatakandapatmeningkatkanmotivasidankeaktifanbelajarsiswadenganskorpeningkatanmotivasisebesar39,5%dankeaktifansebesar41%dengankategorisedang.JadipengembanganMosbeevaliddanefektif,dapatdigunakansertadapatmeningkatkanmotivasidan keaktifan belajarsiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pej

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah ...