penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen guru dalam menerapkan model problem based learning terhadap hasil belajar matematika materi diagram pada siswa kelas IV SDN Garum 1. Jenis penelitisn yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan mengadaptasi penelitian tindakan kelas sebagai referensinya, dimana subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi manajemen pembelajaran dan latihan soal. Hasil penelitian menunjukkan manajemen guru dalam penerapan model problem based learning sudah baik yang berdampak pada hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas dalam belajar hanya 50% dari jumlah siswa dalam 1 kelas yang berjumlah 16 siswa, Dengan perolehan rata-rata kelas 74,06. Siklus II terdapat 88% siswa yang mampu mencapai KKM dan 13% siswa yang belum tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata kelas adalah 82,813. Dapat disimpulkan bahwa baiknya guru dalam memanajemen berdampak terhadap peningkatan hasil belajar dalam penerapan model problem based learning.
Copyrights © 2021