Patria Educational Journal
Vol 1 No 2 (2021): Volume 1 Nomor 2 Desember 2021

Pengembangan Media Word Playing Card Materi Merawat Tubuh Siswa Kelas 1 SDN Sumber 02 Sanankulon Kab. Blitar

Rodliatul Aini (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Fathul Niam (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Abstrak: Penelitian dengan jenis Research and Development (RnD). Penelitian & pengembangan ini mengambil model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tujuan penelitan ini untuk mengembangkan media pembelajaran Word Playing Card serta membantu kualitas baca anak dengan subjek Ahli Materi, Ahli Media, Ahli Bahasa, Guru, siswa. Validasi oleh ahli media dengan penilaian keseluruhan aspek memperoleh persentase skor sebesar 90% dengan kriteria “Sangat Valid”. Validasi oleh ahli materi dengan penilaian keseluruhan aspek memperoleh persentase skor sebesar 96% dengan kriteria “Sangat Valid”. Validasi oleh ahli bahasa dengan penilaian keseluruhan aspek memperoleh persentase skor sebesar 90% dengan kriteria “Sangat Valid”. Hasil dari respon siswa setlah menggunakan media adalah 96%”Sangat Tinggi”. Hasil respon guru kelas mencapai 100% “Sangat Layak” Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan pada media pembelajaran atau alat bantu Word Playing Card bisa digunakan untuk Siswa kelas 1. Penggunaan media pembelajaran Word Playing Card dapat dikembangkan di SDN Sumber 02 Sanankulon Kab. Blitar. Abstract: This type of research is research and development (RND). This research and development took the development model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development implementation, dan evaluation. Validasi oleh ahli media dengan penilaian All aspects of getting a percentage of a score by 90% with the "very valid" criteria. Validation by material experts with an appraisal of the overall aspect gets a percentage of the score by 96% with a "very valid validation by linguists with an appraisal of the overall aspect gets a percentage of the score by 90% with a" very valid "criteria. Responsibility by teachers with an overall assessment of the score scores by 90% with the "very high" creative criteria by students with a full assessment of the scoring percentage of 96% with kiteria is very high so it can be said that word playing card media development can enhance ability to read. Thus, the use of media pembelajaran Word Playing Card can increase his responsibilities The efficiency of isdn and the center of 3 cities blitar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pej

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah ...