PENDIPA Journal of Science Education
Vol 6, No 2 (2022): March - June

Analisis Pembelajaran IPA Berbasis Praktikum di SMP Negeri se–Kecamatan Pontang Kabupaten Serang

Khaerunnisah Khaerunnisah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Mudmainah Vitasari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Dwi Indah Suryani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran IPA berbasis praktikum di SMP Negeri se – Kecamatan Pontang Kabupaten Serang, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, sampel penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan peserta didik kelas IX yang diambil dengan teknik pengambilan sampling random hingga mencapai jumlah sampel secara keseluruhan 150 responden. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Data hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa : 1) Persiapan pembelajaran IPA berbasis praktikum sebesar 3,921 ; 2) Pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis praktikum sebesar 4,612 ;, dan 3) Tindak lanjut pembelajaran IPA berbasis praktikum sebesar 5,455. Jumlah keseluruhan hasil skor pembelajaran IPA berbasis praktikum sebesar 13,988 berada pada kategori baik.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...