Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Google Meet terhadap motivasi siswa MTsN 1 Bengkulu Selatan. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian berupa Non-Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Quasi eksperimental design mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas One-Sample Kolmogorov-Smirnov, yang selanjutnya diuji homogenitasnya menggunakan Levene Statistic, setelah diketahui data berdistribusi normal dan homogen, dilakukan uji analisis datanya menggunakan uji T. Pada kelas eksperimen dan kelas kontrol ditemukan beberapa permasalahan, di antaranya keterbatasan fasilitas dan jaringan internet pada siswa yang berada di desa pedalaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata motivasi belajar pada kelas eksperimen adalah 74,97, sedangkan pada kelas kontrol adalah 69,74. Adapun nilai p-value yang diperoleh adalah sebesar 0,000. Dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran Google Meet secara signifikan berpengaruh terhadap motivasi siswa dari pada pembelajaran menggunakan media pembelajaran Whatsapp.Keywords: Google Meet, Motivasi Belajar
Copyrights © 2021