ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
Vol 7, No 2 (2021): November

PENGEMBANGAN E-MODUL (MODEL UNIT LESSON) DI DAERAH MINIM INTERNET BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR HIPOTETIKAL DEDUKTIF

Jayati Jayati (Universitas Ahmad Dahlan)
Suparwoto Suparwoto (Universitas Negeri Yogyakarta)
Moh. Toifur (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2021

Abstract

Pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan daring tidak sepenuhnya dapat dilakukan pada wilayah minim internet, dan sistem penugasan belum dapat memberikan hasil pemahaman dan hasil belajar siswa meningkat. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul pada daerah minim internet dengan topik hukum Newton tentang gravitasi. Metode yang dilakukan adalah melakukan validasi hasil pengembangan modul dengan empat validator yang terdiri dari dosen dan guru. Angket validasi lmodul berupa validasi materi dan validasi produk. Responden yang diujikan sebanyak 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi materi memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,8 dan valiadi produk memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,64. Hasil analisis keefektifan e-modul yang diberikan kepada peserta didik diperoleh skor rata- rata 3,5. Skor ini masuk dalam kategori efektif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

orbita

Publisher

Subject

Education Physics

Description

ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika invites and welcomes the submission of advanced research and review papers, innovations and developed selected conference papers that have never been previously publicized. This journal provides publications and a forum to the academics, ...