AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi 
Vol 6, No 2 (2021): Edisi Agustus 2021

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMAN 1 SAMATURU

Herby Aswan (Universitas Halu Oleo)
Muh. Sirih (Universitas Halu Oleo)
Damhuri Damhuri (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi ekosistem melalui penerapan model pembelajaran group investigation dengan pendekatan jelajah alam sekitar kelas X  SMAN 1 Samaturu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang melalui empat tahapan yakni: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Subyek dalam penelitian ini yaitu kelas X  dengan jumlah siswa 25 orang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data pada aktivitas siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 82,78% (kategori baik) dan siklus II diperoleh nilai rata-rata 88,89% (kategori sangat baik), dan analisis aktivitas guru siklus I diperoleh nilai rata-rata 80,68% (kategori baik) dan siklus II diperoleh nilai rata-rata 86.36% (kategori sangat baik). Dari hasil analisis data ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 74,4. (belum tuntas) dan siklus II dengan nilai rata-rata 81,64 (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation dengan pendekatan jelajah alam sekitar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Samaturu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ampibi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi merupakan jurnal yang memuat tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan penerapan teori dalam bidang pendidikan biologi seperti model/metode Pembelajaran Biologi, Strategi Pembelajaran Biologi, Pembelajaran Biologi Media dan TIK ...