PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Vol 6, No 2 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)

Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS

M. Nurul Azmi (Unknown)
M. Basri (Unknown)
Yustina Sri Ekwandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2018

Abstract

The purpose of the study is to determine whether there is influence of learning model Mind Mapping on the motivation to learn the history of class XI IPS students in SMAN 2 Gedongtataan Lesson Year 2017/2018. This research uses True Experimental Design method with Posttest-only Control Design research design. Data analysis technique in this research is quantitative data analysis technique by using Lilifours test. Based on data analysis conducted using Lilifours test obtained the result of hypothesis test that thitung = 2,649 ttable = 2.020, so H0 rejected and H1 accepted. Results of quantitative data analysis Mind Mapping Learning Model has a significant influence on the motivation to learn the history of class XI IPS students in SMAN 2 Gedongtataan Lesson Year 2017/2018.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap motivasi belajar sejarah siswa Kelas XI IPS di SMAN 2 Gedongtataan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan desain penelitian Posttest-only Control Design. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji Lilifours. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan uji Lilifours diperoleh hasil uji hipotesis bahwa thitung = 2,649 ttabel = 2,020, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis data secara kuantitatif Model Pembelajaran Mind Mapping memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar sejarah siswa Kelas XI IPS di SMAN 2 Gedongtataan Tahun Pelajaran 2017/2018.Kata kunci: model pembelajaran mind mapping, motivasi belajar, pengaruh

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PES

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI ...