PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Vol 3, No 3 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)

MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OPDALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 1 SIMPANG PEMATANG

Indah Sri Lestari (Unknown)
Maskun Maskun (Unknown)
Muhammad Basri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2015

Abstract

The purpose of this research was to know the effectiviness of Co-op Co-op teaching model in learning of history at X grade students of SMA N 1 Simpang Pematang. The method of this research is qualitative research method. The data collecting technique is using observation, documentation and questionnaire. Whereas, to analyze the data the researcher using descriptive quantitative. Based on the result of the investigation, the researcher can conclude that the effectiviness of Co-op Co-op teaching model in learning of history at X grade students of SMA N 1 Simpang Pematang in academic year 2014/2015 is strong/effectif.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Co-op Co-op dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XSMA N 1 Simpang Pematang. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner sedangkan untuk menganalisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.Berdasarkan hasil pembahasandapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan model pembelajaran Co-op Co-op pada pembelajaran sejarah siswa kelas X SMA N 1 Simpang Pematang tahun pelajaran 2014/2015 dikatakan kuat/efektif.Kata kunci : co-op co-op, efektifitas pembelajaran, pembelajaran sejarah

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

PES

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI ...