PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Vol 5, No 1 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SEJARAH

Putri Pandan Wangi (Unknown)
Iskandar Syah (Unknown)
Muhammad Basri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2017

Abstract

The objective of this research was to find out the influence of Think Pair Share cooperative learning model towards students cognitive learning outcomes class XI SMA Negeri 1 Pagelaran. The method which used in this research was true experimental method with posttest only control group design.The data was collected with multipe choice questions. Then, the collected data was processed manually by using t-test formula with a result t-hitung = 2,42 t-tabel = 2,003. The result shows that there was influence of think pair share cooperative learning model towards cognitive learning outcomes.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar kognitif siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Pagelaran. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan jenis posstest only control group design. Alat pengumpul data adalah soal pilihan ganda. Data yang telah terkumpul selanjutnya dioleh secara manual dengan rumus uji-t dengan hasil t-hitung = 2,42 t-tabel = 2,003. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share terhadp hasil belajar kognitif.Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, think pair share

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PES

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI ...